Pendampingan dalam Evaluasi Gerak Dasar Bagi Guru PAUD dan TK di Kabupaten Lima Puluh Kota
Main Article Content
Abstract
Keterampilan gerak dasar anak mestinya sudah berkembang sesuai perkembangan usia mereka. Hasil penelitian dan observasi membuktikan bahwa tingkat keterampilan gerak dasar anak usia dini di Sumatera Barat berada pada level yang rendah. Observasi yang dilakukan terhadap guru PAUD/TK yang dilakukan dibeberapa kota/kabupaten di Sumatera Barat menunjukkan bahwa, lebih dari 90% guru PAUD/TK yang diobservasi belum memiliki wawasan tentang mengukur tingkat keterampilan gerak dasar anak. Untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas keterampilan gerak dasar anak tentunya guru harus bisa dan mampu menguasai instrument pengukuran dan evaluasi gerak dasar anak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan agar : (a) guru memahami bagaimana cara melihat tingkat dan level kemampuan gerak dasar anak, (b) guru dapat menggunakan dan mengaplikasikan instrument Tes of Gross Motor Development Third Edition (TGMD-3 )
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Perjanjian Lisensi dan Hak Cipta Dalam mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
1. Mereka diberi wewenang oleh rekan penulis mereka untuk masuk ke dalam pengaturan ini.
2. Karya yang diuraikan belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, ulasan, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
3. Itu tidak sedang dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain,
4. Bahwa publikasi ini telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara diam-diam atau eksplisit - dari lembaga di mana pekerjaan telah dilakukan.
5. Mereka mendapatkan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
6. Mereka menyetujui perjanjian lisensi dan hak cipta berikut.
Penulis Hak Cipta yang menerbitkan dengan Jurnal BERKARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menyetujui persyaratan berikut:
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Lisensi untuk Publikasi Data
Jurnal BERKARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menyetujui menggunakan berbagai keringanan dan lisensi, yang secara khusus dirancang untuk dan sesuai untuk pengolahan data:
1. Lisensi Atribusi Data Open Commons, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
2. Creative Commons CC-Zero Waiver, http://creativecommons.org/publicdomain/zero/1.0/
3. Open Data Commons Dedikasi dan Lisensi Domain Publik, http://www.opendatacommons.org/licenses/pddl/1-0/
Lisensi penerbitan data lainnya dapat diizinkan sebagai pengecualian (harus disetujui oleh editor berdasarkan kasus per kasus) dan harus dibenarkan dengan pernyataan tertulis dari penulis, yang akan dipublikasikan bersama artikel tersebut.
Open Data and Software Publishing and Sharing
Jurnal ini berupaya memaksimalkan replikasi penelitian yang diterbitkan di dalamnya. Oleh karena itu, penulis diwajibkan untuk membagikan semua data, kode, atau protokol yang mendasari penelitian yang dilaporkan dalam artikel mereka. Pengecualian diizinkan tetapi harus dibenarkan dalam pernyataan publik tertulis yang menyertai artikel tersebut. Kumpulan data dan perangkat lunak harus disimpan dan diarsipkan secara permanen, tidak sesuai, tepercaya, umum, atau repositori khusus domain (silakan baca http://service.re3data.org dan / atau repositori perangkat lunak seperti GitHub , GitLab , Bioinformatics.org, atau setara). Pengidentifikasi persisten terkait (misalnya DOI, atau orang lain) dari dataset harus dimasukkan dalam bagian data atau sumber daya perangkat lunak artikel. Referensi (s) untuk dataset dan perangkat lunak juga harus dimasukkan dalam daftar referensi artikel dengan DOI (jika tersedia). Di mana tidak ada repositori data khusus domain, penulis harus menyimpan set data mereka dalam repositori umum seperti ZENODO , Dryad , Dataverse , atau lainnya. Data kecil juga dapat dipublikasikan sebagai file data atau paket tambahan untuk artikel penelitian, namun, penulis harus lebih suka dalam semua kasus deposisi dalam repositori data. Lisensi Creative Commons Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran : ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licence
References
Atradinal, A., Syahputra, R., Oktarifaldi, O., Mardela, R., Putri, L. P., Oktavianus, I., ... & Bakhtiar, S. (2020). Dissemination and Training of Identification and Development of Sport Talent for Physical Education Teachers and Sports Trainers in the Province of West Sumatra. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 112-125.
Bakhtiar, S., & Famelia, R. (2017, December). Institute Role of Teachers' Education in Improving the Standard of Development Achievement Rate and Standard of Teacher and Education Personnels of Early Childhood Education. In International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017). Atlantis Press.
Bakhtiar, S., Oktarifaldi, O., & Putri, L. P. (2019). Implementation of Learning and Fundamental Motor Skill Measurement of Early Childhood Motor Skill for PAUD Teachers in Padang Panjang City. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36-47.
Bakhtiar, S., Putra, E. R., Oktarifaldi, O., & Putri, L. P. (2019). The Effect Of Eye-Hand Coordination And Gender On The Level Of Ability In The Control Object Of Paud Students In Pariaman City. Jurnal MensSana, 4(2), 165-174.
Bakhtiar, S., Oktarifaldi, O., & Putri, L. P. (2019). Implementation of Learning and Fundamental Motor Skill Measurement of Early Childhood Motor Skill for PAUD Teachers in Padang Panjang City. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36-47.
Bakhtiar, S., Khairuddin, K., Oktarifaldi, O., Syahputra, R., Putri, L. P., & Asnaldi, A. (2020). Effect of Balance on Development Level the Locomotor Capabilities of PAUD Students Padang Pariaman Regency. Educatio, 15(1), 12-21.
Candra, R., Rasyid, W., Asnaldi, A., & Bakhtiar, S. (2020, August). Effect of Hand-Eye Coordination on the Capability of Children Object Control. In 1st International Conference of Physical Education (ICPE 2019) (pp. 204-207). Atlantis Press.
Goodway, J. D., Ozmun, J. C., & Gallahue, D. L. (2019). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults. Jones & Bartlett Learning.
Hasan, A., Hyson, M., & Chang, M. C. (Eds.). (2013). Early childhood education and development in poor villages of Indonesia: Strong foundations, later success. The World Bank.
Moekijat, D. (1993). Teori Komunikasi. Bandung: Mandar Maju, hal, 6(21),145.
Oktarifaldi, O., Syahputra, R., & Putri, L. P. (2019). The Effect Of Agility, Coordination and Balance On The Locomotor Ability Of Students Aged 7 To 10 Years. Jurnal Menssana, 4(2), 190-200.
Oktarifaldi, O., Syahputra, R., & Putri, L. P. (2019). The Effect Of Agility, Coordination and Balance On The Locomotor Ability Of Students Aged 7 To 10 Years. Jurnal Menssana, 4(2), 190-200.
Putri, L. P., Septri, S., Zumroni, Z., Oktarifaldi, O., Syahputra, R., Marta, I. A., ... & Nata, A. D. (2020). Effect Of Nutritional Status On Object Ability Of Children's Object Controls Aged 5 To 6 Years. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(2), 25-32.
Putri, L. P., Marta, I. A., Oktarifaldi, O., Jonni, J., Yulifri, Y., Kibadra, K., ... & Bakhtiar, S. (2020). Dissemination and Training of Early Childhood Motion Skill Level Development for PAUD/Kindergarten and Elementary Teachers in Lima Puluh Kota District. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 139-151.
Pradhan, M. P., Alatas, H., Brinkman, S., Chang, M. C., Hadiyati, T., Hartono, D., ... & Roesli, R. (2013). Early childhood education and development services in Indonesia. In Education in Indonesia (pp. Ch-5). Institute of Southeast Asian Studies.
Rasyid, W., Afrian, H., Asnaldi, A., & Bakhtiar, S. (2020, August). The Influence of Learning Strategy in a Series of Games for Kindergarten Students. In 1st International Conference of Physical Education (ICPE 2019) (pp. 192-195). Atlantis Press.
Suwondo, MS. (2003). Guru di Indonesia. Jakarta: Dittendik DirjenDikdasmen
Syahputra, R., Bakhtiar, S., Oktarifaldi, O., Rasyid, W., & Putri, L. P. (2020). Assistance In Learning Basic Early Childhood Motion Skills For Early Childhood Teachers In Pesisir Selatan Regency. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 73-89.
Ulrich, D. A. (2000). Test of Gross Motor Development: Profile/examiner Record Form. Pro-Ed.
Vetra, Y., Syahputra, R., Mardela, R., & Bakhtiar, S. (2020, August). Effect of Balance on Development Level of the Locomotor Capabilities of Kindergarten Children. In 1st International Conference of Physical Education (ICPE 2019) (pp. 263-265). Atlantis Press.