Pelatihan Instruktur Renang Menggunakan Media Multi Media Pada Guru Olahraga SMP Dan Pemuda Di Kota Solok

Main Article Content

Syahrastani Syahrastani
Asep Sujana Wahyuri

Abstract

Pelajaran renang di sekolah mulai dari tingkat SD sampai SMA termasuk kedalam mata pelajaran aktivitas air (akuatik), dan saat ini diberikan secara intra kurikuler maupun ekstra kurikuler. Tetapi pada kenyataannya masih banyak siswa tamatan SMA, maupun SMK tidak bisa berenang walaupun mereka sudah pernah diberikan pelajaran renang. Hasil yang di dapatkan pada pengabdian ini adalah, Guru guru Olahraga SMP dan Pemuda Kota Solok dapat melihat dan mempelajari Materi pembelajaran renang gaya dada dalam bentuk praktek meliputi; pengenalan air, teknik renang gaya dada seperti, mengatur nafas, mengapung, meluncur, gerakan kaki, gerakan tangan, Koordinasi gerakan renang gaya dada. Disampaikan dengan menggunakan Metode demonstrasi, Tanya jawab dan diskusi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Syahrastani, S., & Wahyuri, A. (2021). Pelatihan Instruktur Renang Menggunakan Media Multi Media Pada Guru Olahraga SMP Dan Pemuda Di Kota Solok. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 3(1), 43-49. https://doi.org/10.24036/jba.0301.2021.07
Section
Articles

References

Colwin, Celcil M. 1992. Swimming Into the 21st Century. Australia. Human Kinetics Publishers.

David, Haller. 1992. Cara Mudah Belajar Renang . Jakarta: Balai Pusataka.

Diah Ayu Lestari 2019. Gaya renang yang aman untuk Penderita saraf terjepit https://www.google.com/search?q=Diah+Ayu+Lestari+ Diakses tgl. 10 maret 2020

Didik Rilastiyo Budi, Arfin Deri Listiandi, Rifqi Festiawan , Neva Widanita, D. A. (2020). Indeks Masa Tubuh (IMT): Kajian Analisis Pada Atlet Renang Junior Usia Sekolah Dasar Didik. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 46–53. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24452.

Latuheru, Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran Masa Kini. (Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan LPTK1988)h.81.

Richi, A. P., & Asnaldi, A. (2017). Studi Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Sport Science, 17(2), 92–100. https://doi.org/10.24036/jss.v17i2.11.

Shariffudin, R.S. 1999. Bulletin Keterampilan dalam Teknologi: Multimedia dalam Pendidikan Sains. Jakarta: Pelita,.

Syahrastani. 2006. Upaya Peningkatan Kemampuan Renang Mahasiswa Yang Mengalami Kecemasan dan Motorik Kasar Melalui Metode Elementer, Universitas negeri Padang.

Syahrastani. 2013. Pengaruh media pembelajaran dan motor ability terhadap hasil belajar teknik renang gaya dada Mahasiswa FIK Universitas Negeri Padang Universitas Negeri Jakarta.

Syahrastani. 2017. Pengunaan Media Multimedia Dalam Pembelajaran Renang Gaya Dada Pada Guru PJOK di Kota Padang. Universitas negeri Padang http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26304.

Syahrastani. 2018. The Impact of 200 Meter Breast Stroke Swimming Activity on Blood Glucose Level of The Student IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 335 (1), 012057