Pelatihan Instruktur Renang Menggunakan Media Multi Media Pada Guru Olahraga SMP Dan Pemuda Di Kota Solok
Main Article Content
Abstract
Pelajaran renang di sekolah mulai dari tingkat SD sampai SMA termasuk kedalam mata pelajaran aktivitas air (akuatik), dan saat ini diberikan secara intra kurikuler maupun ekstra kurikuler. Tetapi pada kenyataannya masih banyak siswa tamatan SMA, maupun SMK tidak bisa berenang walaupun mereka sudah pernah diberikan pelajaran renang. Hasil yang di dapatkan pada pengabdian ini adalah, Guru guru Olahraga SMP dan Pemuda Kota Solok dapat melihat dan mempelajari Materi pembelajaran renang gaya dada dalam bentuk praktek meliputi; pengenalan air, teknik renang gaya dada seperti, mengatur nafas, mengapung, meluncur, gerakan kaki, gerakan tangan, Koordinasi gerakan renang gaya dada. Disampaikan dengan menggunakan Metode demonstrasi, Tanya jawab dan diskusi.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Perjanjian Lisensi dan Hak Cipta Dalam mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
1. Mereka diberi wewenang oleh rekan penulis mereka untuk masuk ke dalam pengaturan ini.
2. Karya yang diuraikan belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, ulasan, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
3. Itu tidak sedang dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain,
4. Bahwa publikasi ini telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara diam-diam atau eksplisit - dari lembaga di mana pekerjaan telah dilakukan.
5. Mereka mendapatkan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
6. Mereka menyetujui perjanjian lisensi dan hak cipta berikut.
Penulis Hak Cipta yang menerbitkan dengan Jurnal BERKARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menyetujui persyaratan berikut:
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Lisensi untuk Publikasi Data
Jurnal BERKARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menyetujui menggunakan berbagai keringanan dan lisensi, yang secara khusus dirancang untuk dan sesuai untuk pengolahan data:
1. Lisensi Atribusi Data Open Commons, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
2. Creative Commons CC-Zero Waiver, http://creativecommons.org/publicdomain/zero/1.0/
3. Open Data Commons Dedikasi dan Lisensi Domain Publik, http://www.opendatacommons.org/licenses/pddl/1-0/
Lisensi penerbitan data lainnya dapat diizinkan sebagai pengecualian (harus disetujui oleh editor berdasarkan kasus per kasus) dan harus dibenarkan dengan pernyataan tertulis dari penulis, yang akan dipublikasikan bersama artikel tersebut.
Open Data and Software Publishing and Sharing
Jurnal ini berupaya memaksimalkan replikasi penelitian yang diterbitkan di dalamnya. Oleh karena itu, penulis diwajibkan untuk membagikan semua data, kode, atau protokol yang mendasari penelitian yang dilaporkan dalam artikel mereka. Pengecualian diizinkan tetapi harus dibenarkan dalam pernyataan publik tertulis yang menyertai artikel tersebut. Kumpulan data dan perangkat lunak harus disimpan dan diarsipkan secara permanen, tidak sesuai, tepercaya, umum, atau repositori khusus domain (silakan baca http://service.re3data.org dan / atau repositori perangkat lunak seperti GitHub , GitLab , Bioinformatics.org, atau setara). Pengidentifikasi persisten terkait (misalnya DOI, atau orang lain) dari dataset harus dimasukkan dalam bagian data atau sumber daya perangkat lunak artikel. Referensi (s) untuk dataset dan perangkat lunak juga harus dimasukkan dalam daftar referensi artikel dengan DOI (jika tersedia). Di mana tidak ada repositori data khusus domain, penulis harus menyimpan set data mereka dalam repositori umum seperti ZENODO , Dryad , Dataverse , atau lainnya. Data kecil juga dapat dipublikasikan sebagai file data atau paket tambahan untuk artikel penelitian, namun, penulis harus lebih suka dalam semua kasus deposisi dalam repositori data. Lisensi Creative Commons Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran : ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licence
References
David, Haller. 1992. Cara Mudah Belajar Renang . Jakarta: Balai Pusataka.
Diah Ayu Lestari 2019. Gaya renang yang aman untuk Penderita saraf terjepit https://www.google.com/search?q=Diah+Ayu+Lestari+ Diakses tgl. 10 maret 2020
Didik Rilastiyo Budi, Arfin Deri Listiandi, Rifqi Festiawan , Neva Widanita, D. A. (2020). Indeks Masa Tubuh (IMT): Kajian Analisis Pada Atlet Renang Junior Usia Sekolah Dasar Didik. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 46–53. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24452.
Latuheru, Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran Masa Kini. (Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan LPTK1988)h.81.
Richi, A. P., & Asnaldi, A. (2017). Studi Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Sport Science, 17(2), 92–100. https://doi.org/10.24036/jss.v17i2.11.
Shariffudin, R.S. 1999. Bulletin Keterampilan dalam Teknologi: Multimedia dalam Pendidikan Sains. Jakarta: Pelita,.
Syahrastani. 2006. Upaya Peningkatan Kemampuan Renang Mahasiswa Yang Mengalami Kecemasan dan Motorik Kasar Melalui Metode Elementer, Universitas negeri Padang.
Syahrastani. 2013. Pengaruh media pembelajaran dan motor ability terhadap hasil belajar teknik renang gaya dada Mahasiswa FIK Universitas Negeri Padang Universitas Negeri Jakarta.
Syahrastani. 2017. Pengunaan Media Multimedia Dalam Pembelajaran Renang Gaya Dada Pada Guru PJOK di Kota Padang. Universitas negeri Padang http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26304.
Syahrastani. 2018. The Impact of 200 Meter Breast Stroke Swimming Activity on Blood Glucose Level of The Student IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 335 (1), 012057