Peningkatan Keterampilan Masase Bagi Remaja Putri Dan Ibu Rumahtangga Untuk Pencegahan Penyakit Degeneratif

Main Article Content

Darni Darni
Wilda Welis
Ibnu Adli Marta

Abstract

Masalah penyakit degeneratif termasuk darah tinggi dan obesitas  merupakan masalah yang menjadi fokus kesehatan masyarakat hingga saat ini. Ada berbagai faktor yang menyumbang terhadap terjadinya penyakit degeneratif termasuk darah tinggi serta obesitas antara lain pola hidup kurang gerak (sedentary), gaya hidup kurang sehat seperti kurang olahraga, konsumsi makanan jajanan berlemak tinggi dan rendah serat serta dampak tidak langsung perkembangan teknologi. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah rendahnya pengetahuan ibu rumahtangga dan remaja putri tentang pencegahan dan pengobatan penyakit degeneratif baik melalui aspek pengelolaan makanan dan aspek fisioterapi dengan masase. Adapun solusi dan target luaran dari kegiatan program kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah: 1) Kurangnya pengetahuan ibu-ibu dan remaja putri dalam mencegah penyakit degeneratif terutama penyakit darah tinggi. 2) kurangnya pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu dan remaja putri tentang pengobatan alternatif yang dapat dilakukan dirumah dalam pengobatan penyakit darah tinggi. 3) Ketidaktahuan para ibu-ibu dan remaja putri dalam kaidah memasak yang sehat dan baik serta penyajian makanan yang baik untuk penderita darah tinggi. Hasil Kegiatan PKM ini menunjukkan antusias peserta kegiatan PKM dalam mengikuti pelaksanaan kegiatan pelatihan masase dan penyuluhan menu untuk pencegahan penyakit degenerative sangat antusias sekali.  Tingkat pengetahuan gizi ibu-ibu rumahtangga dan remaja putrid tentang makanan sehat untuk pencegahan penyakit degenerative terutama menu untuk pencegahan penyakit darah tinggi sebelum kegiatan PKM masih rendah. Demikian juga dengan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu rumahtangga dan remaja putri tentang masase untuk pencegahan penyakit degenerative terutama darah tinggi belum pernah mendapatkan keterampilan ini sama sekali.    Kegiatan Program kemitraan masyarakat ini masih berlanjut dengan pelaksanaan dan penerapan keterampilan masase ini kepada pasien sukarelawan.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Darni, D., Welis, W., & Marta, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Masase Bagi Remaja Putri Dan Ibu Rumahtangga Untuk Pencegahan Penyakit Degeneratif. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 2(2), 112-120. https://doi.org/10.24036/jba.0202.2020.04
Section
Articles

References

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Kementerian Kesehatan RI.

WHO. 2018. TOP 10 Causes of Death. https://www.who.int/news- room/fact-sheets/detail/the-top-10-causes-of-death. Diakses tanggal 20 Februari 2019.

Darni. 2009. Masase Olahraga Dasar Teori dan Manipulasi. Wineka Media. Malang.

Wiarto, G. 2013. Fisiologi dan Olahraga. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Depkes RI. 2008. Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Kementerian Kesehatan RI.

Darni, Rosmaneli, Maidawilis. 2019. Laporan Penelitian: Pengaruh Masase Olahraga terhadap Tekanan Darah dan Persentase Lemak Tubuh Ibu-ibu Dhamawanita FIK UNP. LP2M. UNP.