Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Penjasorkes Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama
Main Article Content
Abstract
Kemampuan menulis artikel ilmiah bagi guru merupakan tuntutan, pengembangan diri dan syarat pengembangan karir seorang guru. Guru wajib memenuhi syarat berupa penulisan karya ilmiah yaitu menulis artikel. Syarat ini menjadi penghambat bagi guru dikarenakan rendahnya kemampuan dan minat menulis. Guru yang dapat mengembangkan profesi dengan baik dan berhasil, akan menjadikan dirinya seorang pendidik yang profesional, sehingga dalam setiap tugasnya baik dikelas maupun dilingkungan luar kerja dia akan selalu dihormati dan dikagumi baik oleh peserta didik maupun masyarakat sekitarnya. Pelatihan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam menulis artikel ilmiah. Subjek pelatihan yaitu guru Penjasorkes se kabupaten Ogan Ilir. Hasil pelatihan ini diperoleh guru dapat membuat artikel ilmiah mulai dari mengonsep artikel yaitu abstrak, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan. Dampak positif dalam pelatihan artikel ilmiah ini bagi guru terhadap pengetahuan dan pengembangan diri.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Perjanjian Lisensi dan Hak Cipta Dalam mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
1. Mereka diberi wewenang oleh rekan penulis mereka untuk masuk ke dalam pengaturan ini.
2. Karya yang diuraikan belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, ulasan, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
3. Itu tidak sedang dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain,
4. Bahwa publikasi ini telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara diam-diam atau eksplisit - dari lembaga di mana pekerjaan telah dilakukan.
5. Mereka mendapatkan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
6. Mereka menyetujui perjanjian lisensi dan hak cipta berikut.
Penulis Hak Cipta yang menerbitkan dengan Jurnal BERKARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menyetujui persyaratan berikut:
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Lisensi untuk Publikasi Data
Jurnal BERKARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menyetujui menggunakan berbagai keringanan dan lisensi, yang secara khusus dirancang untuk dan sesuai untuk pengolahan data:
1. Lisensi Atribusi Data Open Commons, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
2. Creative Commons CC-Zero Waiver, http://creativecommons.org/publicdomain/zero/1.0/
3. Open Data Commons Dedikasi dan Lisensi Domain Publik, http://www.opendatacommons.org/licenses/pddl/1-0/
Lisensi penerbitan data lainnya dapat diizinkan sebagai pengecualian (harus disetujui oleh editor berdasarkan kasus per kasus) dan harus dibenarkan dengan pernyataan tertulis dari penulis, yang akan dipublikasikan bersama artikel tersebut.
Open Data and Software Publishing and Sharing
Jurnal ini berupaya memaksimalkan replikasi penelitian yang diterbitkan di dalamnya. Oleh karena itu, penulis diwajibkan untuk membagikan semua data, kode, atau protokol yang mendasari penelitian yang dilaporkan dalam artikel mereka. Pengecualian diizinkan tetapi harus dibenarkan dalam pernyataan publik tertulis yang menyertai artikel tersebut. Kumpulan data dan perangkat lunak harus disimpan dan diarsipkan secara permanen, tidak sesuai, tepercaya, umum, atau repositori khusus domain (silakan baca http://service.re3data.org dan / atau repositori perangkat lunak seperti GitHub , GitLab , Bioinformatics.org, atau setara). Pengidentifikasi persisten terkait (misalnya DOI, atau orang lain) dari dataset harus dimasukkan dalam bagian data atau sumber daya perangkat lunak artikel. Referensi (s) untuk dataset dan perangkat lunak juga harus dimasukkan dalam daftar referensi artikel dengan DOI (jika tersedia). Di mana tidak ada repositori data khusus domain, penulis harus menyimpan set data mereka dalam repositori umum seperti ZENODO , Dryad , Dataverse , atau lainnya. Data kecil juga dapat dipublikasikan sebagai file data atau paket tambahan untuk artikel penelitian, namun, penulis harus lebih suka dalam semua kasus deposisi dalam repositori data. Lisensi Creative Commons Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran : ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licence
References
Aryanti, S., Victorian, A. R., & Yusfi, H. (2018). Pengembangan Teknik Pembelajaran Servis Forehand Bulutangkis Bagi Siswa Putra Sekolah Menegah Atas. Sebatik, 22(2), 181–187. https://doi.org/10.46984/sebatik.v22i2.325
Bahdin. (2005). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Medi.
Dalman. (2015). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawati Pers.
Hartati, Aryanti, S., Destriana, Destriani, Yusfi, H., & Bayu, W. I. (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Penjaskes Berorientasi Pada Media Pembelajaran Interaktif. Bravo’s, 8(01), 13–18. https://doi.org/10.32682/bravos.v8i1.1451
Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81.
Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277. https://doi.org/10.21009/aksis.010208
Marsiyem, Aryanti, S., Destriana, & Destriani. (2019). Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Penjasorkes di Sekolah Dasar. Journal of Sport Education (JOPE), 1(2), 37–42.
Nurhayatin, T., Inggriyani, F., & Ahmad, A. (2018). Analisis keefektifan penggunaan kalimat dalam karya tulis ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 102–114.
Putranto, D. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Bagi Guru Pendidikan Jasmani Di Era Covid-19. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 2(2), Proses-Proses. Retrieved from http://jba.ppj.unp.ac.id/index.php/jba/article/view/58
Rusmana, A., Nugraha, W. S., Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2018). Peningkatan Prpfesionalisme Guru SD Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis. Pekemas, 1(1), 31–36.
Supartinah. (2016). Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. 4(1), 64–75.
Suwirman, S., Yaslindo, Y., Edwarsyah, E., & Sasmitha, W. (2020). Bimbingan Teknis Pada Guru PJOK Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pencak Silat Di Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–67. https://doi.org/10.24036/jba.v2i1.52
Syampurma, H. (2020). Pelatihan Cedera Massage Nasional Tingkat 1. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39–48. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jba.v2i1.47
Turistiani, T. D. (2013). Fitur Kesalahan Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan dalam Makalah Mahasiswa. Paramasastra, 1(1), 61–72.
Waluyo, Yusfi, H., Destriana, & Destriani. (2020). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi guru-Guru Penjas di Belitang Kabupaten Oku Timur. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 57–63. https://doi.org/10.36706/altius.v9i1.11514
Wiyanto, A., & Mustakim. (2012). Panduan Karya Tulis Guru. Yogyakarta: Galangpress Publisher.
Yaslindo, Y., Syafaruddin, S., Rasyid, W., & Jonni, J. (2019). Workshop on Classroom Action Research Preparation for High School Teachers and Vocational Secondary Schools. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 1(2), 99–107. https://doi.org/10.24036/jba.v1i2.22
Yudasmara, D. S., Winarno, M. E., Taufik, T., & Fadhli, N. R. (2020). Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi Aktifitas Gerak Bagi Fasilitator Kinder Movement. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/jba.v2i1.38