Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Penjasorkes Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama

Main Article Content

Hartati Hartati
Silvi Aryanti
Destriana Destriana
Destriani Destriani
Wahyu Indra Bayu

Abstract

Kemampuan menulis artikel ilmiah bagi guru merupakan tuntutan, pengembangan diri dan syarat pengembangan karir seorang guru. Guru wajib memenuhi syarat berupa penulisan karya ilmiah yaitu menulis artikel. Syarat ini menjadi penghambat bagi guru dikarenakan rendahnya kemampuan dan minat menulis. Guru yang dapat mengembangkan profesi dengan baik dan berhasil, akan menjadikan dirinya seorang pendidik yang profesional, sehingga dalam setiap tugasnya baik dikelas maupun dilingkungan luar kerja dia akan selalu dihormati dan dikagumi baik oleh peserta didik maupun masyarakat sekitarnya. Pelatihan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam menulis artikel ilmiah. Subjek pelatihan yaitu guru Penjasorkes se kabupaten Ogan Ilir. Hasil pelatihan ini diperoleh guru dapat membuat artikel ilmiah mulai dari mengonsep artikel yaitu abstrak, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan. Dampak positif dalam pelatihan artikel ilmiah ini bagi guru terhadap pengetahuan dan pengembangan diri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hartati, H., Aryanti, S., Destriana, D., Destriani, D., & Bayu, W. (2021). Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Penjasorkes Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 3(2), 58-67. https://doi.org/10.24036/jba.0302.2021.09
Section
Articles

References

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., & Haerudin, H. (2018). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan banyusari Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 1(01), 39–49. https://doi.org/https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i01.76

Aryanti, S., Victorian, A. R., & Yusfi, H. (2018). Pengembangan Teknik Pembelajaran Servis Forehand Bulutangkis Bagi Siswa Putra Sekolah Menegah Atas. Sebatik, 22(2), 181–187. https://doi.org/10.46984/sebatik.v22i2.325

Bahdin. (2005). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Medi.

Dalman. (2015). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawati Pers.

Hartati, Aryanti, S., Destriana, Destriani, Yusfi, H., & Bayu, W. I. (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Penjaskes Berorientasi Pada Media Pembelajaran Interaktif. Bravo’s, 8(01), 13–18. https://doi.org/10.32682/bravos.v8i1.1451

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81.

Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277. https://doi.org/10.21009/aksis.010208

Marsiyem, Aryanti, S., Destriana, & Destriani. (2019). Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Penjasorkes di Sekolah Dasar. Journal of Sport Education (JOPE), 1(2), 37–42.

Nurhayatin, T., Inggriyani, F., & Ahmad, A. (2018). Analisis keefektifan penggunaan kalimat dalam karya tulis ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 102–114.

Putranto, D. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Bagi Guru Pendidikan Jasmani Di Era Covid-19. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 2(2), Proses-Proses. Retrieved from http://jba.ppj.unp.ac.id/index.php/jba/article/view/58

Rusmana, A., Nugraha, W. S., Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2018). Peningkatan Prpfesionalisme Guru SD Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis. Pekemas, 1(1), 31–36.

Supartinah. (2016). Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. 4(1), 64–75.

Suwirman, S., Yaslindo, Y., Edwarsyah, E., & Sasmitha, W. (2020). Bimbingan Teknis Pada Guru PJOK Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pencak Silat Di Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–67. https://doi.org/10.24036/jba.v2i1.52

Syampurma, H. (2020). Pelatihan Cedera Massage Nasional Tingkat 1. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39–48. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jba.v2i1.47

Turistiani, T. D. (2013). Fitur Kesalahan Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan dalam Makalah Mahasiswa. Paramasastra, 1(1), 61–72.

Waluyo, Yusfi, H., Destriana, & Destriani. (2020). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi guru-Guru Penjas di Belitang Kabupaten Oku Timur. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 57–63. https://doi.org/10.36706/altius.v9i1.11514

Wiyanto, A., & Mustakim. (2012). Panduan Karya Tulis Guru. Yogyakarta: Galangpress Publisher.

Yaslindo, Y., Syafaruddin, S., Rasyid, W., & Jonni, J. (2019). Workshop on Classroom Action Research Preparation for High School Teachers and Vocational Secondary Schools. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 1(2), 99–107. https://doi.org/10.24036/jba.v1i2.22

Yudasmara, D. S., Winarno, M. E., Taufik, T., & Fadhli, N. R. (2020). Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi Aktifitas Gerak Bagi Fasilitator Kinder Movement. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/jba.v2i1.38