Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Bagi Guru Pendidikan Jasmani Di Era Covid-19

Main Article Content

Dedy Putranto
Feri Ardiansah

Abstract

Peran guru pendidikan jasmani sangat diperlukan untuk menangani segala perubahan yang terjadi di lingkungan sekolah. Tenaga pendidik yang ada di sekolah harus selalu dikembangkan secara kontinyu guna meningkatkan kemampuan agar sesuai dengan tuntutan perubahan kurikulum. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian guru yaitu dengan pendidikan dan pelatihan. Pelatihan yang dilakukan di SD Negeri 48 Pangkalpinang ini ditujukan kepada guru-guru pendidikan jasmani untuk meningkatkan keahlian, pengetahuan, dan sikap dalam rangka meningkatkan profesioanlisme kinerja melalui pemanfaatan media pembelajaran berupa macromedia flash. Teknis penyampaian materi pelatihan menggunakan metode presentasi, diskusi dan praktik secara langsung serta penugasan secara individu. Hasil pada kegiatan pengabdian ini yaitu pertama, seluruh peserta dapat menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis macromediaflash yang menarik. Kedua, peserta juga dapat mengimplementasikan hasil pelatihan pembuatan media pembelajaran yang telah mereka buat di sekolah masing-masing. Ketiga, peserta dapat lebih meningkatkan kreativitas dalam membuat media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putranto, D., & Ardiansah, F. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Bagi Guru Pendidikan Jasmani Di Era Covid-19. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 2(2), 97-102. https://doi.org/10.24036/jba.0202.2020.02
Section
Articles

References

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dwiyogo, W.D. (2010). Dimensi Teknologi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

Masykur, Rubhan. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. At-Tadris: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 8 nomor 2.

Munir. (2013). Multimedia (Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Rohman, Muhammad dan Sofan Amri. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Sadiman, A. dkk. (2003). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya . Jakarta : Pustekkom Dikbud.

Smaldino, E. S., dkk. (2008). Instrucional Technology and Media For Learning. New Jersey: Upper Saddle River.

Sumberharjo. Putra, dkk. (2015). Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Di Taman Kanak-Kanak Tunas. Dalam Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. Volume 7 No 3:24.