Pelatihan Permainan Olahraga Modifikasi dalam Menghadapi Era Disrupsi

Main Article Content

Rif’iy Qomarrullah
https://orcid.org/0000-0003-1433-4557
I Putu Eka Wijaya Putra

Abstract

Pengabdian yang telah dilaksankan ini bertujuan untuk memberikan bekal olahraga keterampilan melalui permainan yang dimofikasi. Kagitan ini dilaksankan pada bulan Juli tahun 2020 di kampus Universitas Cenderawasih Papua Indonesia yang diikuti 60 orang peserta mahasiswa S1 ilmu keolahragaan. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah melalui: ceramah, diskusi, dan praktik. Adapun hasil dari pelatihan ini yakni secara langsung peserta antusias untuk bertanya keterkaitan antara materi teori dan praktek yang dilakukan saat latihan. Hasil penilaian praktik masuk dalam kategori “sangat baik”. Saran yang dapat diberikan yaitu bahwa pentingnya untuk semua pihak dalam memberikan dukungan pasca kegiatan pelatihan dengan memberikan bekal ilmu tambahan kepada mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Qomarrullah, R., & Wijaya Putra, I. P. (2021). Pelatihan Permainan Olahraga Modifikasi dalam Menghadapi Era Disrupsi. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 3(1), 6-12. https://doi.org/10.24036/jba.0301.2021.02
Section
Articles

References

Amni, H., Ruhayati, Y., & Sultoni, K. (2017). Pengembangan Teknologi Pelontar Bola Tenis Lapangan Berbasis Microcontroller. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 2 (2): 18-24.

Irawan, R. (2015). Hubungan Kelentukan Togok, Daya Ledak Otot Tungkai, dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Servis Slice Tenis Lapangan. Journal of Physical Education, Health, and Sport, 1 (2): 119-124.

Irawan, R., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2017). Pengembangan Produk Permainan Mikro Tenis Sebagai Alternatif Keterbatasan Ketersediaan Fasilitas Lapangan Tenis. Jurnal Pendidikan Jasmani, 29 (2): 1-8.

Irawan, R., Nurharsono, T., A., R., & Mulyono, A. (2019). Indonesian Tes and Measurment Instrument for Deaf-Male Students Aged 13-15 Years. Journal of Physical Education, Health, and Sport, 6 (2): 54-60.

Mujianto, G. E. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Penjas Adaptif Melalui Media Permainan Rainbow Flag Pada Siswa Tunarungu SMPLB Negeri Semarang. Journal of Physical Education, Health, and Sport, 2 (1): 32-37.

Naim, M. K., & Wibowo, S. (2013). Modifikasi Pembelajaran dengan Permainan Tonnis Terhadap Hasil Belajar Pukulan Forehand Tenis Lapangan (Studi Pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Tenis Lapangan SMAN 3 Mojokerto). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1 (2): 424-427.

Paramitha, S. A., & Anggara, L. E. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 3 (1): 41-51.

Pujianto, A. (2015). Profil Kondisi Fisik dan Keterampilan Teknik Dasar Atlet Tenis Meja Usia Dini di Kota Semarang. Journal of Physical Education, Health, and Sport, 2 (1): 32-37.

Putri, M. W. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Bermain Tonnis Melalui Pendekatan Teaching Game For Understanding (TGFU). Jurnal Sportif,, 3 (2): 216-229.

Zubair, & Supriadin. (2015). Korelasi Antara Lari Sprint 50 Meter dengan Prestasi Lempar Lembing pada Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 4 Woha Kabupaten Bima Tahun 2012/2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan, 4 (2): 3-15.