Pemanfaatan Taman Rekreasi Pantai Punai Sebagai Sarana Olahraga Masyarakat Di Desa Tanjung Kelumpang Idonesian

Main Article Content

Feri Ardiansah
Riski Martin
Diky Altachzi
Puput Mahdalena
Deska Sagita
Dina Maryani
Mariana Apriyani

Abstract

Pantai Punai terletak di Desa Tanjung Kelumpang Kecamatan Simpang Pesak Kabupaten Belitung Timur merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang berkembang. Metode pelaksanaan kegiatan program pengabdian masyarakat ini menggunakan metode partisipatoris, dimana pelaksanakan kegiatan pengabdian melibatkan masyarakat setempat terutama pemuda karang taruna cipta karya Desa Tanjung Kelumpang dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung sebagai fasilitator. Fokus pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemanfaatan taman rekreasi pantai punai sebagai sarana olahraga masyarakat di Desa Tanjung Kelumpang.


Pantai Punai memiliki banyak potensi yang cukup untuk dikembangkan, akan tetapi kurang didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang berkembangnya pantai punaiĀ  ini. Salah satunya dalam bidang sarana olahraga. Taman rekreasi yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah setempat belum dilengkapi oleh fasilitas sarana olahraga, padahal masyarakat daerah setempat sering melakukan aktifitas olahraga sepertiĀ  jogging dan senam. Adapun solusi dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yakni dengan menambahkan sarana olahraga diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk pembangunan mental dan juga diri sendiri. Adapun sarana olahraga yakni pull up, shit up, dan tempat untuk mengangkat beban dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani bagi warga setempat. Selain itu juga, mahasiswa melakukan pembaharuan warna pada rute jogging dengan memberikan empat warna, yakni merah, kuning, hijau, dan biru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ardiansah, F., Martin, R., Altachzi, D., Mahdalena, P., Sagita, D., Maryani, D., & Apriyani, M. (2020). Pemanfaatan Taman Rekreasi Pantai Punai Sebagai Sarana Olahraga Masyarakat Di Desa Tanjung Kelumpang. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 2(1), 9-16. https://doi.org/10.24036/jba.v2i1.46
Section
Articles