Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru SD Dan SMP Di Kecematan XIII Koto Kampar
Main Article Content
Abstract
The purpose of this community service activity is to provide training on the procedures for writing classroom action research to elementary and junior high school teachers in District XIII Koto Kampar. The material provided in this training relates to the procedures for writing CAR, the methods used in writing CAR and the output of CAR writing. From this activity, it is hoped that there will be many scientific works in the form of CAR that can be produced by elementary and junior high school teachers in the District XIII Koto Kampar. This activity was attended by 20 teachers.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Perjanjian Lisensi dan Hak Cipta Dalam mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
1. Mereka diberi wewenang oleh rekan penulis mereka untuk masuk ke dalam pengaturan ini.
2. Karya yang diuraikan belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, ulasan, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
3. Itu tidak sedang dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain,
4. Bahwa publikasi ini telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara diam-diam atau eksplisit - dari lembaga di mana pekerjaan telah dilakukan.
5. Mereka mendapatkan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
6. Mereka menyetujui perjanjian lisensi dan hak cipta berikut.
Penulis Hak Cipta yang menerbitkan dengan Jurnal BERKARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menyetujui persyaratan berikut:
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Lisensi untuk Publikasi Data
Jurnal BERKARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menyetujui menggunakan berbagai keringanan dan lisensi, yang secara khusus dirancang untuk dan sesuai untuk pengolahan data:
1. Lisensi Atribusi Data Open Commons, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
2. Creative Commons CC-Zero Waiver, http://creativecommons.org/publicdomain/zero/1.0/
3. Open Data Commons Dedikasi dan Lisensi Domain Publik, http://www.opendatacommons.org/licenses/pddl/1-0/
Lisensi penerbitan data lainnya dapat diizinkan sebagai pengecualian (harus disetujui oleh editor berdasarkan kasus per kasus) dan harus dibenarkan dengan pernyataan tertulis dari penulis, yang akan dipublikasikan bersama artikel tersebut.
Open Data and Software Publishing and Sharing
Jurnal ini berupaya memaksimalkan replikasi penelitian yang diterbitkan di dalamnya. Oleh karena itu, penulis diwajibkan untuk membagikan semua data, kode, atau protokol yang mendasari penelitian yang dilaporkan dalam artikel mereka. Pengecualian diizinkan tetapi harus dibenarkan dalam pernyataan publik tertulis yang menyertai artikel tersebut. Kumpulan data dan perangkat lunak harus disimpan dan diarsipkan secara permanen, tidak sesuai, tepercaya, umum, atau repositori khusus domain (silakan baca http://service.re3data.org dan / atau repositori perangkat lunak seperti GitHub , GitLab , Bioinformatics.org, atau setara). Pengidentifikasi persisten terkait (misalnya DOI, atau orang lain) dari dataset harus dimasukkan dalam bagian data atau sumber daya perangkat lunak artikel. Referensi (s) untuk dataset dan perangkat lunak juga harus dimasukkan dalam daftar referensi artikel dengan DOI (jika tersedia). Di mana tidak ada repositori data khusus domain, penulis harus menyimpan set data mereka dalam repositori umum seperti ZENODO , Dryad , Dataverse , atau lainnya. Data kecil juga dapat dipublikasikan sebagai file data atau paket tambahan untuk artikel penelitian, namun, penulis harus lebih suka dalam semua kasus deposisi dalam repositori data. Lisensi Creative Commons Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran : ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licence
References
Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. (2004). Panduan Penatarandan Lokakarya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Dosen LPTK se- Indonesia. Solo:Dikti-Diknas.
Ferrance, E. (2000). Action Research. Northeast and Islands Regional Educational Laboratory at Brown University, RI.
Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sd Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 39. https://doi.org/10.30738/ad.v1i1.2289
Jayanta, L., Rati, Diputra, S., & Wibawa, C. (2017). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-guru SD. Jurnal Widya Laksana, 6(1), 1–7.
Krstiawan, M., Nipriansyah, Yanti, F. A., & Viona, E. (2022). Penulisan dan Publikasi Penelitian Tindakan kelas Bagi Guru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566
Santyasa, I. (2007). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Pendidikan dan Pelatihan Metodologi Penelitian, Penyusunan Proposal, dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru-Guru SMP dan SMA/ SMK di Kabupaten Buleleng. 10-16 September 2007, Singaraja, Indonesia.
Sudiana, I. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru Bahasa Indonesia. 8 Juli 2013, Semarapura, Indonesia.
SuharsimiArikunto. (2005).Penulisan karyatulis ilmiah bagijabatanguru.Makalah.
Sutrisno, S., & Zuhri, M. S. (2019). PKM Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Dedicators Community, 3(1), 53–61. https://doi.org/10.34001/jdc.v3i1.793
Tohidin, D., & Alimuddin. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah, Penelitian Tindakan kelas, dan Penggunaan Mendeley Kepada Kelompok Guru-guru Penjasorkes Di Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Mentawai. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 1(1), 26–36. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987
Zainal, Aqib., Sujak, M., & Kawentar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas: Untuk guru SMP, SMA, SMK. Bandung: Yrama Widya.