Sosialisasi Penerapan Model Health Realated Fitness (HRF) Kepada Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang
Main Article Content
Abstract
Model Healt Releted Fitness (HRF) merupakan model pembelajaran yang masih jarang diterapkan di Indonesia. Model Health Related Fitness (HRF) dapat menjadi salah satu alternatif model pembalajaran yang dapat diintegrasikan dengan pendidikan jasmani dalam upaya memberikan pengetahuan serta pembiasaan untuk berlatih aktivitas fisik bagi anak- anak di sekolah. Model Health Related Fitness ini berasumsi bahwa aktivitas jasmani merupakan inti gaya hidup yang sehat, dan bahwa perkembangan gaya hidup yang sedemikian memerlukan pengetahuan mengenai kebugaran jasmani yang meliputi hubungan aktivitas dan kesehatan, keterampilan jasmani yang menyehatkan, dan komitmen terhadap keutamaan latihan. Di dalam model HRF ini siswa diharuskan memiliki manajemen diri sebagai salah satu upaya kegiatan formal untuk membuat siswa memiliki kebiasaan terkait latihan kebugaran yang lebih berarti bagi siswa dalam pengaturan pendidikan jasmani. Maka dari itu, tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk mengenalkan model HRF kepada guru Pendidikan Jasmani di sekolah dasar agar dapat diterapkan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani guna meningkatkan tingkat kebugaran dan drajat sehat para siswa.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Perjanjian Lisensi dan Hak Cipta Dalam mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
1. Mereka diberi wewenang oleh rekan penulis mereka untuk masuk ke dalam pengaturan ini.
2. Karya yang diuraikan belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, ulasan, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
3. Itu tidak sedang dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain,
4. Bahwa publikasi ini telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara diam-diam atau eksplisit - dari lembaga di mana pekerjaan telah dilakukan.
5. Mereka mendapatkan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
6. Mereka menyetujui perjanjian lisensi dan hak cipta berikut.
Penulis Hak Cipta yang menerbitkan dengan Jurnal BERKARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menyetujui persyaratan berikut:
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Lisensi untuk Publikasi Data
Jurnal BERKARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menyetujui menggunakan berbagai keringanan dan lisensi, yang secara khusus dirancang untuk dan sesuai untuk pengolahan data:
1. Lisensi Atribusi Data Open Commons, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
2. Creative Commons CC-Zero Waiver, http://creativecommons.org/publicdomain/zero/1.0/
3. Open Data Commons Dedikasi dan Lisensi Domain Publik, http://www.opendatacommons.org/licenses/pddl/1-0/
Lisensi penerbitan data lainnya dapat diizinkan sebagai pengecualian (harus disetujui oleh editor berdasarkan kasus per kasus) dan harus dibenarkan dengan pernyataan tertulis dari penulis, yang akan dipublikasikan bersama artikel tersebut.
Open Data and Software Publishing and Sharing
Jurnal ini berupaya memaksimalkan replikasi penelitian yang diterbitkan di dalamnya. Oleh karena itu, penulis diwajibkan untuk membagikan semua data, kode, atau protokol yang mendasari penelitian yang dilaporkan dalam artikel mereka. Pengecualian diizinkan tetapi harus dibenarkan dalam pernyataan publik tertulis yang menyertai artikel tersebut. Kumpulan data dan perangkat lunak harus disimpan dan diarsipkan secara permanen, tidak sesuai, tepercaya, umum, atau repositori khusus domain (silakan baca http://service.re3data.org dan / atau repositori perangkat lunak seperti GitHub , GitLab , Bioinformatics.org, atau setara). Pengidentifikasi persisten terkait (misalnya DOI, atau orang lain) dari dataset harus dimasukkan dalam bagian data atau sumber daya perangkat lunak artikel. Referensi (s) untuk dataset dan perangkat lunak juga harus dimasukkan dalam daftar referensi artikel dengan DOI (jika tersedia). Di mana tidak ada repositori data khusus domain, penulis harus menyimpan set data mereka dalam repositori umum seperti ZENODO , Dryad , Dataverse , atau lainnya. Data kecil juga dapat dipublikasikan sebagai file data atau paket tambahan untuk artikel penelitian, namun, penulis harus lebih suka dalam semua kasus deposisi dalam repositori data. Lisensi Creative Commons Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran : ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licence
References
Bell, C. (2013). Journal of Physical Education, Recreation & Dance, (November 2014), 37– 41. https://doi.org/10.1080/07303084.1998.10605552
Brusseau, T. A., Finkelstein, T., Kulinna, P. H., & Pangrazi, C. (2014). Health-related fitness of American Indian youth. Research Quarterly for Exercise and Sport, 85(2), 257–261. https://doi.org/10.1080/02701367.2014.893050
Chen, S., Sun, H., Zhu, X., Chen, A., Chen, S., & Chen, A. (2014). Research Quarterly for Exercise and Sport Relationship Between Motivation and Learning in Physical Education and After-School Physical Activity Relationship Between Motivation and Learning in Physical Education and After-School Physical Activity. Research Quarterly for Exercise and Sport. Taylor & Francis. https://doi.org/10.1080/02701367.2014.961054
Hodges, M. (2016). Health-Related Fitness Knowledge, 4562(March). https://doi.org/10.1080/08924562.2015.1044145
Houston, J., & Kulinna, P. (2014a). Health-Related Fitness Models, (March), 37–41. https://doi.org/10.1080/08924562.2014.879026
Jackson, A. S. (2006). The evolution and validity of health-related fitness. Quest, 58(1), 160–175. https://doi.org/10.1080/00336297.2006.10491877
Jarani, J., Grøntved, A., Muca, F., Spahi, A., Qefalia, D., Ushtelenca, K., & Kasa, A. (2015). Effects of two physical education programmes on health- and skill-related physical fitnes of Albanian children, (April), 37–41. https://doi.org/10.1080/02640414.2015.1031161
Keating, X. D., Chen, L., Guan, J., Harrison, L., & Dauenhauer, B. (2009). Urban minority ninth-grade students’ health-related fitness knowledge. Research Quarterly for Exercise and Sport, 80(4), 747–755. https://doi.org/10.1080/02701367.2009.10599616 Knaeps, S.,
Lambert, L. (2013). Journal of Physical Education, Recreation & Dance, (January 2015), 37–41. https://doi.org/10.1080/07303084.1985.10604273
Lazar, R. E., & Kulinna, P. H. (2002). Experiences with health-related fitness portfolios in physical education. European Journal of Physical Education, 7(1), 63–78. https://doi.org/10.1080/1740898020070106
Parker, M. B., & Curtner-Smith, M. (2005). Health-related fitness in sport education and multi-activity teaching. Physical Education & Sport Pedagogy, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.1080/1740898042000334872
Pate, R. R., & Ross, J. G. (1987). Factors Associated with Health-Related Fitness. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 58(9), 93–97. https://doi.org/10.1080/07303084.1987.10604382
Prusak, K., Wilkinson, C., Pennington, T., Graser, S. V., Prusak, K., Wilkinson, C., … Graser, S. V. (2016). Using Object Lessons to Teach Health-related Fitness Concepts, 3084(June). https://doi.org/10.1080/07303084.2008.10598242
Ransdell, L. B., Bs, L. R., & Rn, L. O. (2005). Generations Exercising Together to Improve Fitness ( GET FIT ): A Pilot Study Designed to Increase Physical Activity and Improve Health-Related Fitness in Three Generations of Women Generations Exercising Together to Improve Fitness ( GET FIT ): A Pilot Study Designed to Increase Physical Activity and Improve Health-Related Fitness in Three Generations of Women, (October 2014), 37–41. https://doi.org/10.1300/J013v40n03